Banda Neira merupakan proyek sosial untuk membantu masyarakat di Pulau Banda memeroleh air bersih lantaran masyarakat Banda harus menyebrang ke Pulau Neira untuk memeroleh air bersih. Banda Neira Project sendiri telah berhasil membawa nama baik ITS dalam Ajang Total Campus 2017. Tim PSSL berhasil memenangkan kategori Inovasi dan berhasil mendapat pendanaan dari perusahaan minyak asal Prancis tersebut. Dengan terealisasikanya proyek yang akan dilakukan di Maluku tengah ini dapat membantu masyarakat Banda untuk meningkatkan kesejahteraan dan memenuhi kebutuhan. Diawali dari keprihatinan tersebut, ide untuk membantu masyarakat Banda sebagai proyek pengabdian masyarakat PSSL akan dilakukan di tahun 2017.

Pulau Banda dipilih lantaran salah seorang anggota tim kerap kali mendengar keluh kesah sahabatnya di Pulau Banda tentang kesulitan memeroleh air bersih. Proyek ini menggabungkan dua sistem berbasis tenaga surya yang mampu bekerja secara bersamaan. Banda Neira merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi krisis air bersih untuk masyarakat dekat pantai.

Cara kerja alat tersebut yaitu, air pantai akan dipompa dengan menggunakan pompa photovoltaic dengan kecepatan tujuh belas liter per menit. Selanjutnya air tersebut akan ditampung dalam pemanas bertenaga surya dan air bersih hasil distilasi tersebut akan menuju bak penampungan. Dengan begitu, masyarakat pulau Banda akan lebih mudah untuk mendapatkan air bersih. Setiap proses tersebut berjalan secara otomatis dan sangat efisien.Alat tersebut mampu mengubah setengah dari air laut menjadi air bersih tanpa memerlukan energi yang terlalu besar. Bahkan, energi listrik yang tersisa pada batrei yang digunakan dapat dimanfaatkan lagi untuk menyalakan listrik dan memenuhi berbagai kebutuhan lain